Samsung Galaxy J1 Bukan Sembarang Smartphone Kalangan Low End

Samsung Galaxy J1 merupakan produk baru dari Samsung yang ditargetkan untuk kalangan low end atau bisa dikatakan pengguna dengan dana minim. Namun bukan berarti jika spesifikasinya buruk.



Sebagaimana rumor yang beredar. Produk Samsung hanya bagus untuk smartphone kelas premium atau yang dibanderol mahal saja.

Hal ini kemudian ditepis dengan hadirnya keluaran terbaru Glaxy J1 ini. Kemunculannya seakan mematahkan rumah miring tersebut sehingga Anda pantas bergembira untuk ponsel pintar yang satu ini.

Alasannya tentu saja karena harga yang dipatok untuk smartphone ini sangat terjangkau, dan spesifikasi yang dimilikinya mumpuni. Malahan lebih baik ketimbang smartphone lain yang dijual dengan harga yang sama.
Samsung Galaxy J1
Nah, untuk memastikan benar tidaknya apa yang diulas di sini, Anda bisa menengok spesifikasi dari Samsung Galaxy J1, baru kemudian memeriksa lagi terkait mahar yang harus Anda siapkan untuk membawanya pulang ke rumah.

==>> Baca Pula  Harga Samsung Galaxy V Lengkap Dengan Spesifikasinya

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J1

Ponsel pintar ini hadir dalam kelas entry level, ditargetkan untuk Anda yang memiliki dana cekak. Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas yang ditawarkannya karena spesifikasinya terbilang istimewa juga.

Coba perhatikan, jika dilihat dari sisi desainnya, produk keluaran Samsung ini dibuat dengan desain yang lebih elegan dengan ketebalan mencapai 8,9 mm dengan berat bodi seitar 122 gram.

Smartphone ini tersedia dalam beberapa varian warna, yakni dibalut dengan warna putih, biru dan hitam. Pastinya, Galaxy J1 akan nampak lebih menarik jika Anda bawa. Lalu bagaimana dengan yang lainnya? Coba perhatikan dari perbagiannya di sini.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy J1
NETWORK: Technology GSM / HSPA
BODY : Dimensions 129 x 68.2 x 8.9 mm (5.08 x 2.69 x 0.35 in)
Weight 122 g (4.30 oz)
SIM : Dual SIM (Micro-SIMdual stand-by)
DISPLAY : Type,TFT capacitive touchscreen
16M colorsSize 4.3 inches (~59.8% screen-to-body ratio)
Resolution 480 x 800 pixels (~217 ppi pixel density)
MultitouchYes
FLATFORM : OS,Android OS, v4.4.4 (KitKat)
Chipset Spreadtrum
CPUDual-core 1.2 GHz
Cortex-A7
GPU Mali-400
MEMORY : Card slot microSD
up to 128 GBInternal4 GB, 512 MB RAM
CAMERA : Primary 5 MP, 2592 1944 pixels, autofocus
LED flash Features Geo-tagging
touch focus, face detection
Video 720p@30fps
Secondary,2 MP
SOUND : Alert typesVibration; MP3
WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
COMMS : WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0 A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio,FM radio with RDS; recording
USB microUSB v2.0
FEATURES : Sensors Accelerometer, proximity Messaging,SMS(threaded view) MMS,
Email, Push Mail, IM Browser, HTML Java,Yes, via Java MIDP emulator
- MP4/H.264 player
- MP3/WAV/eAAC+/Flac player
- Photo/video editor
- Document viewer
BATERY : Li-Ion 1850 mAh battery
Stand-by, Talk time,Up to 10 h (3G)
Music play,Up to 40 h


-> Dapur Pacu Samsung Galaxy J1
Produk yang satu ini cukup istimewa, bisa dilihat dari permesinan yang dibenamkan di dalamnya.
Bayangkan saja, untuk prosessornya sudah menggunakan chipset speadtrum dengan CPU dual core 1.2 GHz. Prosesor ini cukup memberikan pengguna kemudahan dalam urusan kecepatan pemprosesan data.

Hanya saja, untuk RAM sendiri bisa dikatakan kecil. Yakni sekitar 512 MB yang membuatnya tidak bisa dibandingkan dengan smartphone kelas premium.

-> Kamera Samsung Galaxy J1
Beralih pada sisi kameranya, Samsung Galaxy J1 sendiri cukup menjanjikan Anda untuk urusan fotografi dan video call.

Ya, kamera utamanya sudah sangat bagus, karena telah memiliki kapasitas besar yakni 5 MP. Menariknya, kamera utamanya telah dibekali pula dengan autofocus yang memudahkan Anda dalam mengambil gambar.

Tak hanya itu saja, bantuan fitur LED Flash jelas akan memberikan efek terang dikala Anda memotret di kondisi yang gelap. Artinya, Anda tetap mampu memperoleh kualitas gambar bagus pada kondisi tidak memungkinkan.

Sementara untuk kamera depannya, smartphone ini sudah meninggalkan VGA yang menjadi kelemahan dari produk entry level sebelumnya. Kini Samsung Galaxy J1 telah dibenamkan kamera depan dengan kapasitas 2 MP.

Jadi jelas jika kegiatan video call serta selfie akan terasa lebih menyenangkan. Karena gambar yang ditampilkan menarik, memberikan kepuasan tersendiri bagi penggunanya.

-> Jaringan Galaxy J1
Jika berbicara mengenai smartphone, Anda pastinya akan dimanjakan dengan kegiatan bersosialisasi di dunia maya, atau browsing data melalui jaringan internet.

Dan jenis Samsung Galaxy yang satu ini juga telah mendukung pengguna untuk kegiatan tersebut. Ya, jaringan yang dimilikinya adalah GSM, HSDPA yang memungkinkan penggunanya dalam berinternetan lebih cepat.

-> Ruang Penyimpanan Galaxy J1

Ketika mengulas mengenai kamera, terasa tidak lengkap jika tidak membicarakan mengenai ruang penyimpanannya.

Ya, Anda diberikan keleluasaan dalam menyimpan hasil jepretan atau hasil perekaman video yang Anda sukai.

Ruang penyimpan internal dari Samsung Galaxy J1 saja sudah cukup besar sekitar 4 GB. Jika kurang, maka Anda bisa menambah memorinya dengan menggunakan slot microSD yang sudah disediakan.

Pengguna tinggal menempatkan kartu penyimpanan. Tergantung keperluan. Yang pasti, smartphone ini telah support penyimpanannya mencapai 128 GB. Jadi, Anda tidak akan pernah merasa kekurangan tempat untuk menyimpan file dan lain sebagainya.
Samsung Galaxy J1
Samsung Galaxy J1

Harga Samsung Galaxy J1
Ponsel besutan perusahaan asal negeri ginseng ini sudah menggunakan sistem operasi android v4.4.4 (kitkat), dan dibuat dengan layar seluas 4.3 inchi. Kemudian untuk resolusinya sekitar 480 x 800 pixels dengan kepadatan layar mencapai ~217 ppi density.

Nah, untuk layar yang digunakan pada Samsung Galaxy J1 ini masih menggunakan teknologi TFT capacitive touchscreen yang dipercaya mampu menciptakan jutaan warna (16 juta warna).

Dari sini, Anda sudah bisa melihat keistimewaannya meskipun dari ponsel entry level. Dan mengenai harganya, Anda cukup mengeluarkan biaya murah sekitar 1,2 juta rupiah saja (baru), atau 1 juta saja (bekas).

Berikut Rincian Harganya : 

Bulan/Tahun Harga HP Baru Harga HP Bekas
Januari 2016 Rp. 1.475.000 Rp. 1.150.000
Februari 2016 Rp. 1.150.000 Rp. 1.150.000
Maret 2016 Rp. 1.150.000 Rp. 1.150.000
April 2016 Rp. 1.150.000 Rp. 1.150.000
Mei 2016 Rp. 1.150.000 Rp. 1.150.000
Juni 2016 Rp. 1.200.000 Rp. 1000.000
Juli 2016 Rp. 1.200.000 Rp. 1000.000

Harga tersebut sudah mengalami penurunan beberapa ratus ribu semenjak kemunculan pertama kalinya. Dengan kata lain, per tanggal 1 juni Anda sudah bisa memperolehnya dengan harga yang lebih murah 1,2 juta (tergantung lokasi dimana Anda tinggal).

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy J1

Setelah Anda tahu spesifikasi dan harga terupdate 2016 dari Samsung Galaxy J1 ini, nampaknya tidak lengkap jika Anda tidak mengenali tentang kelebihan dan kelemahannya.

Oke, untuk memperjelasnya ada beberapa kelebihan yang akan Anda peroleh dari smartphone entry level ini.

Kelebihannya antara lain adalah sudah bisa multitouch, kamera sudah dilengkapi dengan autofocus dan geotagging, bahkan LED Flash. Tak hanya itu saja, fitur pelengkap seperti Bluetooth, wifi, NFC, USB dan radio juga sudah tertanam di dalamnya.
 
Sementara untuk masalah kekurangannya, Samsung Galaxy J1 masih menggunakan layar berteknologi TFT Capacitive Touchscreen yang bisa dikatakan kurang mumpuni atau bersaing dengan smartphone lainnya.

Selain itu, kekurangan yang juga dimiliki ponsel pintar ini adalah belum tersedianya jaringan 4G yang mana sekarang mulai digunakan pada berbagai merek smartphone. Tapi tenang saja, proses browsing internet tetap stabil, atau bisa dikatakan baik.Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang sulit memperoleh data 4G. Maka, jaringan 4G nampak tidak dibutuhkan sehingga jaringan tersebut nampak tidak berarti walaupun dibekalkan di dalam smartphone.

Dan kekurangan yang terakhir dimiliki oleh Samsung Galaxy J1 ini adalah pada baterainya. Baterai yang digunakan berjenis Li-Ion 1850 mAh yang mana tidak bisa mendukung ketahanan yang sangat lama.

Maksudnya, daya tahan baterainya masih minim. Dan Anda mungkin perlu melakukan charge beberapa kali diwaktu pemakaian smartphone sangat aktif. Contohnya Anda butuh alat lain seperti power bank atau semacamnya.

Nah, terlepas dari kelebihan dan kelemahannya, produk rilisan pabrikan asal Korea ini tetap sebanding antara spesifikasi dan harganya. Tapi bila dibandingkan dengan merek lainnya, nampak produk dari Samsung ini masih memuncakinya sebagaimana yang dirasakan oleh pengguna loyal Samsung ini.

Demikianlah ulasan terkait spesifikasi dan harga dari Samsung Galaxy J1 di Indonesia. Jika Anda memiliki minat yang sama yakni memiliki dana terbatas tapi menginginkan smartphone canggih, maka tidak salah bilamana Anda membawa smartphone rilisan Samsung tersebut.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==